Minggu, 29 Mei 2016

Sangkar Burung Anis

Sebelum kita bahas tentang Sangkar Burung Anis lebih dalam lagi alangkah baiknya kita mendefinisikan tentang burung kicau ini terlebih dahulu lebih detail agar kita bisa mengenal dan mengetahui seluk beluk dari burung ini. Burung Anis Merah ini sendiri mempunyai nama yang begitu banyak, disetiap tempat berbeda berikut nama-nama lain dari burung tersebut Burung Punglor Cacing atau Burung Punglor Merah, Burung Anis Bata atau Burung Punglor Bata itulah beberapa nama lain dari burung Anis Merah yang merupakan burung kicauan yang sangat populer sekali dikalangan para penghobi burung kicau. Gaya khas dari burung Anis Merah ini mampu membius orang dengan mampu memberi pesona dan daya pikat tinggi yaitu dengan gaya telernya. Burung ini endemik berada di Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya termasuk Buton dan Kabaena. Selain di Sulawesi di Indonesia sendiri masih banyak lagi tempat yang ada spesies burung ini yaitu terdapat di Kalimantan, Bali, Sumatra, dan Jawa.














Inilah beberapa ciri khas dari tubuh burung ini :

  •     Ukuran burung ini sekitar 19 sampai 21 cm
  •     Muka terdapat noktah putih di depan dan belakang mata
  •     Warna tubuh bagian atas dari mahkota sampai tunggir berwarna merah kadru
  •     Sayap hitam dengan dua garis putih yang lebar
  •     Tenggorokan dan dada berwarna hitam
  •     Perut putih berloreng hitam.


Bentuk dari Sarang Anis Merah adalah seperti mangkuk yang dangkal dan tersusun rapi yang terbuat dari akar pohon, daun, dan seresah. Kedua induk aktif membangun sarang yang seringkali dibangun pada ketinggian lebih dari 4,5 meter dan diletakkan pada pohon kecil atau semak. Telur sebanyak dua sampai empat, seringkali tiga, dierami selama 13-14 hari sampai menetas. Setelah menetas, anak dirawat sekitar 12 hari sampai dapat keluar dari sarang.

Burung Anis merah ini sangat aktif dalam mencari makan di bawah bayang-bayang sinar matahari dengan membongkar-bongkar dedaunan yang ada ditanah untuk mencari serangga, cacing, laba-laba dan buah-buahan yang telah jatuh. Jenis burung ini memang sangat menyukai mencari makan di atas tanah dengan tanaman bawah pohon yang rapat.

Nah dari ulasan diatas Burung Anis Merah ini tergolong dari burung dengan kelas menegah maka Sangkar Anis yang cocok adalah Sangkar Burung dengan kelas menegah yaitu bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan lebar 30-40 cm dan tinggi 50-60 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar